Dinas, Mubes BEM Poltekkes Kemenkes Ternate, Menanti ke Malang

Dinas, Mubes BEM Poltekkes Kemenkes Ternate, Menanti ke Malang
M. Sadli Umasangaji









Setelah selesai mandi dan makan, rasanya saya sangat ingin menulis terutama hari ini adalah hari minggu. Besok juga saya dan teman-teman dari negeri gizi siap untuk PKL (Praktek Kerja Lapangan) alias magang di Malang. Hari besok sangat di nanti, dan untuk mengisi hari ini saya memilih menulis sejak tentang satu minggu yang lalu ini selama pertama kali dinas di Rumah Sakit, dinas pertama di Rumah Sakit, hehehe.

Sebelum itu minggu lalu saya dan teman-teman dari Senat Mahasiswa yang telah berganti nama sekarang BEM merencanakan Musyawarah Besar (Mubes) untuk BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Hari minggu yang lalu, saya dan beberapa teman dari BEM dan beberapa teman dari panitia serta KPU untuk Pemilihan Ketua BEM Periode 2012-2013 membuat atau merancang AD/ART BEM yang kita adopsi dari FKMPI (Forum Komunikasi Mahasiswa Politeknik se Indonesia). Ini akibatnya karena pada kepengurusan Senat sebelumnya vakum lebih tepatnya tidak dibuat pemilihan ketua Senat pada periode 2010-2011 dan Ketua Senat periode 2009-2010 kayaknya memimpin selama dua periode padahal masa jabatan hanya sebatas satu periode satu tahun tapi entahlah saya tidak terlalu mengerti, entah itu benar atau tidak, hehehe. Tapi efeknya entah lari kemana AD/ART-nya dan kepengurusan 2011-2012 malah tidak memegang AD/ART dari Senat dan periode itu saya tergabung dalam kepengurusannya.

Setelah memakan waktu sekitar kurang lebih 3 jam AD/ART Senat yang berganti nama sekarang BEM selesai dirancang tinggal menghadapi Mubes I BEM. Karena sebelumnya kita tidak tahu apa di organisasi tertinggi di kampus ini (BEM) pernah membuat musyarawah besar atau belum, makanya selaku kepengurusan periode itu kita tetapkan sebagai Mubes pertama. Mubes ini juga menjadi sebuah batu loncatan dari kepengurusan kita dengan kepengurusan sebelumnya yang pada kepengurusan sebelumnya tidak dibuat Mubes dan pemilihannya hanya melalui pemilihan umum itupun hanya beberapa perwakilan mahasiswa yang memilih.

Sudahlah menceritakan tentang BEM, hehehe. Setelah besoknya saya selaku pengurus yang mengurus soal surat menyurat alias sekretaris membuat surat kepada Pembantu Direktur III yang menangani bidang kemahasiswaan tapi bukan saya yang berikan langsung ke Pudir III tapi diberi kepada panitia yang menangani, entahlah lebih tepatnya kepada teman saya yang masih semester III Jurusan Keperawatan, Sukri S Domo, yang pasti suratnya saya beri ke dia, hehehe.

Saya hari itu siap-siap untuk hari pertama dinas, setelah kurang lebih jam setengah delapan pagi saya sudah datang di Rumah Sakit dan ternyata hanya baru ada satu teman, jiah parah. Pertama dinas ? wah rasanya sedikit dag dig dug, deg-degkan, saya khawatir nanti harus buat apa, hehehe.

Setelah menunggu beberapa jam, dan saat teman-teman saya semuanya sudah hadir. Yang paling pertama hari itu adalah acara penerimaan. Acara penerimaan berlangsung cukup lama setelah itu kita diorientasi tentang ruang-ruangan yang ada di Rumah Sakit. Setelah orientasi ruang Ruma Sakit akhirnya kita masuk ke ruangan masing-masing. Saya dan teman-teman kelompok saya dapat di Ruang Interna Pria. Sebelum itu kita memang sudah dibagi menjadi beberapa kelompok untuk dinas di Ternate kita dibagi menjadi 8 kelompok dan untuk dinas di Malang kita dibagi 6 kelompok. Saya mendapat kelompok 2 bersama Yunita, Aslinda, dan Rosmini untuk dinas di Ternate. Di ruang Pria terdapat 2 kelompok, kelompok 2 dan kelompok 8. Kelompok 8 itu Citra, Evi, Nursilawati, dan Erni.

Setelah pengenalan ruang, CI (Clinik Instruktur) kita membagi kasus kepada masing-masing orang. Saya mendapat pasien dengan kasus Suspeck Gastritis. Setelah dibagi kasus, saya bingung mau buat apa, hehehe, tapi tidak membuat saya harus diam, tapi duduk sebentar, jiah.

Sesudah pembagian kasus, masing-masing dari kita langsung melakukan seperti yang kita pelajari di kampus, kita perkenalkan diri, anamnesa, ukur berat badan (BB), timbang tinggi badan (TB), ekh terbalik ya, hehehe, sampai mengukur lingkar lengan atas (LLA) ke pasien kita masing-masing.

Ada yang sukses melakukan, ada pula yang sebagian lupa menanyakan hal-hal penting lainnya seperti pekerjaan, riwayat gizi dahulu, riwayat penyakit dahulu, riwayat penyakit keluarga, jiah banyak banget ya, hehehe. Saya sendiri sedikit lupa menanyakan pekerjaannya, tapi setelah itu saya masuk kembali dan menanyakannya, artinya saya telah melanggar prosedur, hehehe.

Hari itu kita berbeda dengan ruangan lain kita tidak dipinjamkan timbangan (untuk timbang berat badan) dan mikrotoa (untuk mengukur tinggi badan). Jadi hari itu sebagian dari kita hanya mengukur LLA pasien dan TB memakai meteran karena hanya meteran yang kita punya, hehehe. Tapi sebagian dari kita memang pasiennya tidak bisa berdiri jadi memang untuk mengukur TB kita memakai meteran atau mengukur tinggi lutut saja seperti teman saya, Yunita, dia hanya mengukur tinggi lutut. Hari pertama dinas memang terasa cukup deg-degkan, sangat kaku, tapi tak lepas saya merasakan semangat, hehehe.

Keesokkan harinya dinas hari kedua dan hari ini rencananya akan berlangsung Mubes I BEM. Saya telah membuat surat juga untuk teman-teman BEM dan undangan untuk delegasi masing-masing kelas tiap-tiap semester, jiah ribet ! hehehe. Pokoknya undangan telah selesai saya buat. Selain undangan semalam juga panitia dari Mubes ini, Sukri dan Aryo datang ke saya dan kita mendesain Spanduk untuk Mubes I BEM ini. Seharusnya memang anggota KPUnya dari semester V tapi karena entahlah alasannya apa keputusan ketua Senat dalam kepengurusan kita memilih panitia dari semester III berdasarkan yang menghadiri rapat pembentukkan panitia kayaknya.

Pokoknya semua persiapan Mubes I BEM sudah dipersiapkan, hehehe. Tema Mubes I BEM “Dengan Musyawarah Kita Tingkatkan Kebersamaan dan Semangat Berorganisasi Serta Wujudkan Mahasiswa yang Mandiri”.

Jiah lanjut ke hari kedua dinas, hari kedua dinas setelah sebelumnya kita disuruh bawa timbangan sendiri dan hari ini beberapa dari teman membawanya. Kita semua menimbang BB (berat badan) pasien kita masing-masing. Selain itu pada hari kedua ini sebagian dari kita melakukan konsultasi dan merecall 24 jam lagi (menanyakan kembali makanan yang dikonsumsi satu hari kemarin dari saat bangun tidur hingga tidur kembali). Selain itu kita juga mengikuti dokter visite pasien, dan yang paling penting selama dinas kita tak lepas untuk melihat buku status pasien dan hari ini juga kita menimbang makanan untuk makan siang pasien.

Pada hari kedua saya sedikit panik karena pasien kelihatan tidak mood saat saya bertanya mungkin karena waktu saya bertanya yang tidak tepat. Saya sendiri sedikit ragu dengan apa yang dijawab pasien saya ini ketika saya bertanya. Hari itu saya sedikit terdiam karena bingung harus bagaimana. Saya memilih membaca buku “Kiat Sukses Menjadi Penulis” buku yang saya bawa ketika dinas di sela-sela buku-buku gizi lainnya, hehehe. Entahlah kemana-mana saya senang membawa buku bacaan populer terutama tentang kepenulisan yang bagi saya bisa menjadi buku bacaan ketika waktu senggang. Disitu saat saya yang penuh keraguan dan ketidakpercayaan diri sepintas dari bacaan buku ini saya temukan kata-kata penting walaupun dalam konteks berbeda tapi bagi saya dalam keadaan yang sama. Pada buku itu menjelaskan “untuk menjadi penulis dibutuhkan kepribadian sukses”. Saya yang mahasiswa gizi tapi sangat senang dengan dunia menulis, saya sadar kata-kata itu untuk konteks menulis tapi setidaknya saya butuh belajar membentuk kepribadian sukses. Kepribadian sukses dapat diartikan kepribadian positif. Berpikir secara positif.

Ya, saya harus belajar membentuk kepribadian positif untuk mengatasi masalah keraguan dan ketidakpercayaan diri saya. Setelah dinas hari itu saya langsung mengikuti Mubes I BEM, setelah sebelumnya saya ke bank sebentar membayar uang semester dan membayar uang kemeja FKMPI yang saya pesan dari anggota FKMPI lain.

Hari itu Mubes I BEM dimulai yang menjadi pimpinan sidang I sementara adalah Mustafa (Jurusan Keperawatan), Rizal (Jurusan Keperawatan) sebagai pimpinan sidang II sementara, dan Makhluk Bego alias M. Sadli Umasangaji (saya) (Jurusan Gizi) sebagai pimpinan sidang III. Pada hari itu setelah dibacakan susunan acara kita berlanjut membahas dan merevisi tata tertib sidang. Memakan waktu cukup lama sekitar 4 jam kayaknya setelah itu diminta untuk dipending besok, permintaan ini datang dari pihak pudir III dengan alasan karena sebagian mahasiswa masih menjalani UAS (Ujian Akhir Semester) besok. Dengan kesepakatan forum kita pending hingga besok tapi sebelum itu kita telah memilih pimpinan sidang tetap dan yang terpilih, Jumahir (Jurusan Keperawatan) sebagai pimpinan sidang I, Siti Napsiah (Jurusan Kebidanan) sebagai pimpinan sidang II, dan Siti Hajar (Jurusan Keperawatan sebagai pimpinan sidang III. Dan sekaligus membentuk ketua untuk sidang komisi besok, Komisi A dipimpin oleh Faris (Jurusan Keperawatan) membahas AD/ART, Komisi B dipimpin oleh saya, M. Sadli Umasangaji (Jurusan Gizi) membahas isu-isu nasional dan eksistensi BEM, dan Komisi C dipimpin oleh Rizal selaku ketua senat periode 2011-2012 membahas program kerja. Setelah itu sidang ditunda, saya pulang, membuat PTGT (Proses Terapi Gizi Terstandar) dan sedikit belajar untuk ujian besok ujian Perencanaan Program Gizi.

Keesokan harinya, dinas hari ketiga, dan pasien saya keadaannya sudah membaik dan hari itu pasien saya sudah bisa pulang ke rumahnya. Saya pada hari itu tidak melakukan banyak hal. Sebelum pulang kita semua mahasiswa gizi kumpul di instalasi gizi. Beberapa dari kita hari itu yang PTGTnya sudah buat langsung konsul ke CI yang berada di Instalasi gizi. Setelah konsul kita balik ke kampus untuk ujian. Setelah ujian saya langsung ke Mubes I BEM di aula kampus kita. Rapat sidang komisi sudah selesai ternyata, sidang komisi B diserahkan ke Hendrik karena saya agak terlambat hadir. Hari itu Mubes masih berlangsung untuk sidang komisi dan sidang pleno yang membahas hasil sidang komisi, itupun masih sampai pada komisi masuk pada membahas hasil sidang komisi A. Hari itu Mubes ditunda sampai disitu. Hari itu mahasiswa gizi dari semester I cukup banyak hadir ada Agung, Ira, Tesar, Nurasti, dan lainnya serta dari semester III hanya 1 orang, Sunarto. Cukup banyak dibanding hari kemarin hanya saya dan dua teman dari semester I. Sampai hari itu belum jelas dari gizi, siapa yang bersedia menjadi calon ketua BEM. Dari semester III jurusan gizi kayaknya sibuk dengan UAS atau kelihatan tidak berminat padahal sampai saat ini saya berusaha agar mereka mau gabung dengan BEM tapi responnya minim, entahlah. Dan berharap kali ini dari gizi bisa jadi ketua BEM setelah sebelumnya saya sebagai perwakilan dari gizi hanya sebatas menjadi sekretaris II BEM, hehehe.

Hari berikutnya, dinas hari keempat. Karena pasien saya sudah pulang, saya lebih fokus untuk mengkonsul PTGT saya. Hari ini juga kita mengambil uang yang disumbangkan untuk kita magang di Malang yang artinya kita ke Malang dan PKL disana gratis, hehehe, asyik ke Malang gratis, hohoho.

Setelah dinas hari itu, saya menyempatkan diri mengikuti Mubes I BEM sebelum mengikuti ujian Konseling Menyusui, hehehe, begitulah makhluk bego. Setelah sejam mengikuti Mubes I BEM, saya disms teman katanya mau ujian, saya langsung bergegas ke kampus gizi, hehehe.
Sesudah ujian, saya kembali ke Mubes dan katanya dari pihak rektorat minta hari ini sudah harus ada ketua terpilih BEM periode 2012-2013, busyed. Hari itu Mubes berlangsung sampai jam setengah dua belas malam. Setelah membahas semuanya selesai.

Sebelum itu kita minta pending untuk menghubungi teman-teman BEM lain yang belum hadir dan sholat magrib. Setelah itu saya sejenak ke rumah, mandi dan membeli kertas untuk memprintkan laporan studi kasus. Saya bingung sms dari teman saya katanya kasus saya dibuat sebagai laporan lengkap untuk perwakilan dari ruang pria. Dan saya belum membuat sama sekali sedangkan saya masih harus mengikuti Mubes. Terlebihnya kasus saya ini saya belum mau jadikan sebagainya laporan lengkap. Pada praktikum ini setiap mahasiswa wajib membuat satu laporan lengkap dan kasus lain hanya dibuat PTGT (Proses Terapi Gizi Terstandar). Wah, makhluk bego mulai kebingungan, hehehe.

Tapi pada hari itu saya memilih melanjutkan hingga Mubes selesai, dan malam itu terdapat empat kandidat ketua BEM yaitu Sukri S Domo (Jurusan Keperawatan), Aima (Jurusan Kebidanan), Aryo (Jurusan Keperawatan), dan satu lagi saya sedikit lupa namanya mungkin Siti (Jurusan Kebidanan). Kemudian Aryo mengundurkan diri jadi sisa tiga kandidat. Tidak ada kandidat dari jurusan Gizi, tidak mahasiswa gizi semester III dan I yang hadir di Mubes malam itu, dan yang hadir hanya saya dari jurusan gizi.

Malam itu terpilih Sukri S Domo sebagai Ketua BEM periode 2012-2013, saya mengucapkan selamat dan semoga BEM berikut bisa lebih baik. Setelah mubes, saya langsung ke warnet mencari data untuk membuat laporan, hehehe.

Keesokan harinya, dinas hari kelima. Ternyata laporan belum dikumpulkan tapi besok pastinya sudah ujian PTGT. Setelah dinas, kita ke kampus untuk acara pelepasan kita PKL ke Malang. Kemudian dari acara pelepasan, kita sesama mahasiswa gizi semester V berfoto-foto, hehehe.

Hari Sabtu, ujian PTGT. Ujian PTGT berlangsung dengan lancar walau ada yang perlu diperbaiki saya jadikan ini semua sebagai bekal dan pembelajaran. Selama dinas ini memang saya rasa masih banyak melakukan kesalahan tapi saya teringat dengan kata dosen saya “Begitulah tidak ada manusia yang sempurna kan masih pertama”. Saya berharap saya bukan hanya belajar untuk siap tapi belajar untuk menghasilkan hasil yang memuaskan.

Sesudah itu setelah dari kampus, malamnya saya membeli beberapa buku yang ingin saya beli sebagai tambahan referensi, saya membeli buku Patologi, buku dari Universitas Indonesia, dan Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan karya Sunita Almatsier. Setelah itu tidur. Semua yang dijalani saya menikmatinya dan berharap bisa lebih sukses. Menanti besok ke Malang. Saya menikmati semuanya, hehehe.

Posting Komentar

0 Komentar