Momentum Spirit; Musyawarah Kerja Daerah II KAMMI Kota Ternate

Momentum Spirit; Musyawarah Kerja Daerah II KAMMI Kota Ternate





Sesungguhnya, sebuah pemikiran itu akan berhasil diwujudkan manakala kuat keyakinan kepadanya, ikhlas dalam berjuang dijalannya, semakin semangat dalam merealisasikannya dan siap untuk beramal dan berkorban dalam mewujudkannya. Itu semua tidak terdapat, selain pada diri pemuda. Oleh karena itu, sejak dahulu hingga sekarang, pemuda merupakan pilar kebangkitan setiap umat, rahasia kekuatan pada setiap kebangkitan, dan pembawa bendera setiap fikrah, begitulah kata Hasan al-Banna tentang pemuda. Dan karakteristik setiap pemuda dalam setiap masa selalu berbeda. Dalam beberapa waktu yang lalu KAMMI Kota Ternate telah melakukan dua agenda penting yakni Musyawarah Daerah II KAMMI Kota Ternate dan Musyawarah Kerja Daerah II KAMMI Kota Ternate.

Pagi yang selalu indah dengan begitu banyak kenikmatan yang Allah berikan kepada Hamba-nya, pagi itu rintihan hujan membasahi Bumi, 21 Oktober 2012, itulah tanggal Musyawarah Daerah II KAMMI Kota Ternate, tepat pada hari minggu di Auditorium RRI Ternate. Agenda acara pada hari itu, Pembukaan, Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars KAMMI Kota Ternate, Laporan Ketua Panitia, Sambutan-sambutan (Ketua Umum PD KAMMI Kota Ternate, Ketua Umum PW KAMMI Kota Ternate, Dewan Penasehat PD KAMMI Kota Ternate, dan Walikota Ternate dalam hal ini diwakili Wakil Walikota Ternate Sekaligus Membuka Acara), Do’a, dan Penutup.

“Bangkit Pemuda, Selamatkan Maluku Utara”, itulah tema Musyawarah Daerah II KAMMI Kota Ternate. Dalam acara pembukaan itu setelah tilawah dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Daerah, Ketua Wilayah, dan Wakil Walikota Ternate sekaligus membuka acara Musyawarah Daerah II ini. Dalam hal seperti ini saya senang mencatat beberapa kata-kata menarik yang diungkapkan.

“Setiap jaman memiliki tokohnya dan setiap tokoh memiliki karakter yang sesuai dengan jamannya”

“Provinsi Maluku Utara dibentuk mulanya dari Ternate, mungkin pula Republik Indonesia ini pula terbentuk dari Ternate. Dilihat dari sejarah bahwa pernah dalam sejarah Indonesia dikendalikan atau dikontrol oleh 5 Gubernur Jenderal Belanda mengendalikan Indonesia dengan berkedudukan di Ternate”

“Umur KAMMI Kota Ternate sudah memasuki 2 tahun, umur Maluku Utara sudah 13 tahun, dan umur KAMMI di Maluku Utara sudah 11 tahun. Semoga dengan itu KAMMI mampu bangkit bersama dengan Maluku Utara”

“...Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri...” (Q.S. Ar-Ra’d: 13:11)

Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan Stadium General yang diisi oleh DR. Zainal Soleman dan DR. Saiful Aman. Sebenarnya kalau yang saya lihat di spanduk Musdanya ada empat pemateri tapi mungkin hanya dua pemateri yang bisa mengisi hari itu. DR. Zainal Soleman membawa materi “Kepemimpinan Kaum Muda” dan DR. Saiful Aman membawa materi “Refleksi Perjalanan Maluku Utara”. Saya kembali senang mencatat beberapa kata-kata menarik yang diungkapkan oleh kedua pemateri ini.

“Kepemimpinan sejati itu mampu mengubah ke arah sosial. Seorang pemimpin harus mampu memberikan dorongan, semangat, mampu mempengaruhi semua aspek”

“Agen sosial, Iron Stock, Potensi Penyampaian Kebenaran, itu ada pada pemuda”

“Semua aspek akan terpenuhi kalau pemimpin itu bisa membaca kebutuhan masyarakat”

“Untuk merubah Maluku Utara, dimulai dari merubah pemuda”

“Jangan jadi penikmat jadilah pejuang karena dalam perjuangan akan menemukan kenikmatan yang tak terbatas”

Setelah acara Stadium General, masuk pada agenda berikut adalah agenda persidangan. Pertama adalah verifikasi peserta sidang, selanjutnya Penetapan Agenda Acara dan Tata Tertib yang dipimpin oleh presidium sidang sementara (Akhi Ibnu dan Akhi Karim). Setelah pembahasan Tata Tertib dilakukan pemilihan Presidium Sidang Tetap MUSDA II KAMMI Kota Ternate, yang menjadi Presidium Sidang Tetap adalah Akhi Mujibur (Pimpinan Sidang I), Akhi Sidik (Pimpinan Sidang II), dan Ukhti Margiyanti (Pimpinan Sidang III).

Masuk ke sidang pleno II adalah Laporan Pertanggung Jawaban Ketua Daerah indikator sebuah laporan pertanggung jawaban itu diterima adalah perbandingan antara banyak program kerja yang direncanakan dan direalisasikan dan memang banyak program kerja yang direalisasikan. Tapi dari kampus kami memang tidak punya hak penyampaian pandangan terhadap LPJ hanya dari kampus yang sudah berstatus komisariat dan saat itu dari Ketua STKIP menyatakan penolakan terhadap LPJ. Dan beberapa dari komisariat kampus lain juga menolak, komisariat UMMU, STAIN, dan Halbar, kecuali komisariat Unkhair yang menerima.

Selanjutnya sidang pleno III, pembagian komisi dan sidang komisi, dan lanjut ke sidang pleno IV, penetapan Ketua Umum, Mide Formatur, Majelis Permusyawaratan Daerah, dan Dewan Penasehat. Saat itu ada 3 calon kandidat Ketua Umum, Akhi Ibnu Laitupa, S.Pi, Akhi Karim La Haya, dan Akhi Safrudin Beng, S.Pd. Dan akhirnya malam itu terpilih Akhi Safrudin menjadi Ketua Umum Daerah terpilih periode 2012-2014 menggantikan Ukhti Sarni S Walanda, S.S.

“Setiap zaman memiliki tokohnya dan setiap tokoh memiliki karakter yang sesuai dengan zamannya”

#

Setelah terpilihnya Akhi Safrudin dalam Musyawarah Daerah II KAMMI Kota Ternate dan penetapan jajaran Pengurus Daerah untuk periode 2012-2014, agenda yang direncanakan selanjutnya adalah Musyawarah Kerja Daerah II KAMMI Kota Ternate. Beberapa minggu berlalu, rapat dan evaluasi menjadi kegiatan rutin yang dilakukan saat itu. Ketua Panitia untuk agenda ini adalah Burhanuddin Labui.

25 November 2011 bertepatan tanggal 11 Muharram 1434 H dilaksanakannya Musyawarah Daerah II KAMMI Kota Ternate di Auditorium RRI Ternate. Tak berbeda jauh dengan Agenda Acara saat Musyawarah Daerah, Agenda Acara Musyawarah Kerja Daerah II KAMMI Kota Ternate meliputi; Pembukaan, Pembacaan Al-Qur’an, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars KAMMI, Proses Pelantikan (Pemanggilan pengurus baru ke depan, pembacaan SK, dan pembacaan ikrar), Serah Terima dari Pengurus Lama Kepada Pengurus Baru, Sambutan-Sambutan (Sambutan Panitia, Sambutan Pengurus Wilayah, dan Sambutan Walikota dalam hal ini diwakili oleh Asisten III sekaligus membuka acara), Orasi Ketua Terpilih, Do’a dan Penutup.

Bangkit Pemuda Berkarya Untuk Negeri, itulah tema dalam Musyawarah Daerah II KAMMI Kota Ternate. Saat itu juga ada Stadium General yang diisi oleh Ustad Ridwan Husen, Lc, M.Pd dan Sofyan Abas, S.Ag, MA. Selanjutnya masuk dalam Agenda Persidangan yang dimulai dari registrasi dan verifikasi. Setelah itu Pemilihan Pimpinan Sidang, persidangan saat itu dipimpin oleh Safrudin Kader (Pimpinan Sidang I) dan Irawati H. Malan (Pimpinan Sidang II). Kemudian berlanjut Sidang Pleno I yang membahas tentang pengesahan agenda sidang dan tata tertib dan Sidang Pleno II, pembagian komisi, sidang-sidang komisi (Komisi A yang membahas program kerja Departemen Kaderisasi dan Pengembangan Komisariat, Komisi B membahas program kerja Departemen Kebijakan Publik dan Hubungan Masyarakat, Komisi C membahas program kerja Departemen Pemberdayaan Perempuan, Komisi D membahas program kerja Kebendaharaan dan Ekonomi, dan Komisi E membahas Renstra KAMMI Kota Ternate Periode 2012-2014) dan selanjutnya pembacaan serta pengesahan sidang-sidang komisi.

Dalam persidangan Musyawarah Kerja Daerah II KAMMI Kota Ternate terjadi dinamika persidangan yang sampai pada titik keluarlah tangisan sebagai tanda bahwa semua kader KAMMI se-Kota Ternate selalu ingin memberikan yang terbaik untuk KAMMI, selalu ikhlas dalam berjuang, selalu ingin berkontribusi dengan segala kemampuan dirinya untuk KAMMI. Mungkin tepat yang dikatakan Aristoteles, “Marah itu gampang tapi marah kepada siapa, dengan kadar kemarahan yang pas, pada saat dan tujuan yang tepat, dengan cara yang benar, itu sulit”. Tapi sungguh saat Musyawarah Kerja Daerah II KAMMI Kota Ternate, terlihat bahwa kita percaya bahwa segala sesuatu itu atas Kehendak Allah SWT Pemilik Alam Semesta, sehingga berusaha untuk selalu ikhlas berjuang. Hal inilah yang paling membuatku senang bisa berada di antara orang-orang hebat ini.

Segala yang terjadi di Dunia ini terwujud karena izin Sang Maha Pencipta, bahkan tulisan yang dirangkai oleh jemari tangan ini terjadi karena izin Allah. Mata dan pikiran yang membaca tulisan ini berhajat kepada Allah agar bisa membaca. Segala Puji Bagi Allah yang Maha Besar.

Tulisan ini adalah bentuk upaya mencapai misi dari Departemen Kehumasan KAMMI Kota Ternate, untuk mempublikasikan setiap agenda KAMMI Kota Ternate. Karena sungguh sebuah karya nyata dari seorang yang menulis adalah karya tulis dalam bentuk tulisan, tidak ada seorang yang senang menulis tapi karya tulisnya hanya sebatas ide dalam pikiran.

Momentum Spirit; Musyawarah Kerja Daerah II KAMMI Kota Ternate, sesuai dengan visi KAMMI, KAMMI adalah wadah perjuangan permanen yang akan melahirkan kader-kader pemimpin dalam upaya mewujudkan bangsa dan Negara Indonesia yang Islami. Karena Islam adalah Solusi Perjuangan. Salam, Muslim Negarawan.

Posting Komentar

1 Komentar


  1. Bismillahir Rahmanir Rahim

    https://keep.line.me/s/9yByraYHzAECzHFQMiLZbeKfw0DgqfRoutB4EEtdJVI

    Salam dan renungan

    Web: almawaddah.info

    Kepada;

    Yang dihormati Para rektor universiti, para akademik dan para mufti.

    Tun, Tan Seri/Datuk Seri/Datin Seri/Datuk/Datin/tuan/puan.

    Perkara: "Akidah Ahli Sunnah Wal Jamaah yang bertentangan dengan al-Qur'an dan ayat-ayat al-Qur'an yang bertentangan dengan akidah Ahli Sunnah Wal-Jamaah" sebagai kajian dan renungan. Diambil dari web: almawaddah.info

    1. Tidakkah al-Qur'an itu asas agama Islam yang diredai oleh Allah dan Rasul-Nya?

    2. Tidakkah Islam itu rahmatan lil Alamin?

    Terima kasih dan 'afwan.

    Daripada;

    Pencinta al-Qur'an sebagai asas agama Islam di Malaysia.







    .....

    BalasHapus